Aplikasi SAKTI POLDA JAMBI (Sistem Aplikasi Kepolisian Terpadu & Interaktif) ini adalah suatu wadah/sarana yang mudah bagi masyarakat dalam menyampaikan informasi/pengaduan masyarakat yang di kemas dalam Sistem Aplikasi Teknologi Informasi Kepolisian, mampu menangani informasi/pengaduan masyarakat yang bersifat Urgent (Emmergency) dengan cepat, prosedural dan transparansi penegakan hukum di wilayah hukum Polda Jambi-Polres Jajaran dengan menampilkan Parameter waktu Proses disaat diterimanya laporan sampai dengan hadirnya Personil Polri di Tempat Kejadian Perkara (TKP).
Aplikasi SAKTI POLDA JAMBI (Sistem Aplikasi Kepolisian Terpadu & Interaktif) Telah melalui proses upgrade sistem dengan fitur layanan informasi/pengaduan masyarakat yang dikemas dalam 1 Icon meliputi :
1. Whatsapp ( Masyarakat dapat menggunakan fasilitas Video Call, kirim foto dilengkapi deskripsi kejadian) berinteraksi langsung dengan operator pelayanan Polda Jambi Quick Response
• Whatsapp Group ataupun Nomor Telepon Pribadi para Steak Holder akan menjadi media dalam menyampaikan informasi/pengaduan masyarakat dalam meningkatkan Kamtibmas diwilayah hukum Polda Jambi/Polres Jajaran di sertai Tokoh Masyarakat dalam kendali sistem para operator dalam Layanan Polda Jambi Quick response
2. SMS Gateway Nomor 08117435959 dengan maksud masyarakat di daerah yang belum terpenuhi jaringan internet dapat memberikan informasi pengaduan yang secara bertahap akan di lakukan update sistem sampai dengan personil Polri yg bertugas di masing-masing desa ataupun kecamatan (Bhabin kamtibmas)
3. Call Centre 0741 34406 (Hunting), Nomor Penting Polda Jambi yang terhubung langsung dengan Polres Jajaran serta lintas instansi yang terpusat dalam 1 Ruangan Commond Centre Polda Jambi
4. Facebook Polda Jambi Quick Response dapat digunakan juga sebagai media menyampaikan informasi/pengaduan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat
SIFAT DARI SAKTI POLDA JAMBI
1) Aplikasi Layanan yang dipusatkan di Command Centre Polda Jambi, dapat diakses oleh masyarakat segenap lapisan masyarakat sehingga mudah dalam menyampaikan informasi/pengaduan kepada Polri.
2) Masyarakat Terhubung secara langsung ke Call Centre Pusat (Command Centre Polda Jambi) dengan cara memilih sesuai layanan ataupun media yang akan dipilih.
3) Tindak Lanjut Operator Commond Centre Polda Jambi adalah segera merespons, menganalisa dan meneruskan Informasi/pengaduan masyarakat tersebut ke seluruh personil Polri yg bertugas di lapangan sesuai lokasi terdekat Tempat Kejadian Perkara (TKP) secara cepat dan prosedural.
4) Waktu proses penanganan pelapor sampai TKP Relatif Cepat, dapat terukur dan tampil dalam parameter waktu (durasi waktu tempuh penanganan di TKP) dan menjadi tolok ukur bagi Polri maupun masyarakat sehingga dapat menjadi evaluasi untuk menjadikan Pemolisian Masyarakat.
5) Masyarakat mendapat informasi tindak lanjut pengaduan pada Menu “Status Pengaduan dan Website Quickresponse.jambi.polri.go.id
6) Jenis informasi/pengaduan masyarakat sifatnya URGENT - EMERGENCY sampai dilakukan Tindakan Pertama Kepolisian di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP). Namun jika ada informasi yang bersifat Laporan dari Masyarakat yang tidak bersifat Urgent Emergency dapat secara langsung datang ke Kantor Polisi Terdekat sesuai dengan aturan dan yg berlaku.
SISTEM PENUNJANG SAKTI POLDA JAMBI
1.Sistem informasi pengaduan menggunakan layanan whattsapp ,call centre pstn spkt-110 dan sms gateway
2. Aplikasi android SAKTI POLDA JAMBI dilakukan oleh pelapor/masyarakat dan melibatkan operator serta polres dan polsek guna menindak lanjuti informasi/pengaduan masyarakat
3. Aplikasi SAKTI POLDA JAMBI dilakukan oleh operator layanan quick response diteruskan ke polres jajaran sesuai tugas fungsi kepolisian dengan tembusan seluruh steak holder pada masing masing wilayah hukumnya
4. terdapat galery /foto giat polri (polda jambi dan polres jajaran) dan terdapat icon berita yang memfungsikan bid humas polda jambi.